Pikiran Yang Melengkung

Penjelasan demi penjelasan menuntut eksplisitas penjelasan tentang keberadaan pikiran dalam mempengaruhi kehidupan manusia. Barangkali kajian multidisipliner akan menjadi sangat penting.
Pada dasarnya, manusia terintegrasi dengan semesta. Tidak ada jarak apapun antara manusia dengan semesta. Apa yang menghubungkan atau yang mengintegrasikannya? Ini sangat sederhana dan sekaligus rumit, yaitu “ENERGI IKAT”. Untuk melihat energy ini dapatlah menggunakan SEM Atomik. Ada jarak antara inti materi satu dengan inti materi lain, yaitu berkisar 3-10 Angstrong. Semestara itu, 1 cm = 10.000.000.000 Angstrong. Sudah bisa di bayangkan betapa kecilnya jarak itu kalau hanya berjarak 3-10 Angstrong antar inti materi.
Jika tubuh di lihat di level itu, maka tubuh hanya gumpalan inti materi atomic satu yang terikat dengan inti materi lain. Di tempat itu banyak sekali lengkungan-lungkungan yang rumit. Ini seperti jaringan pipa air yang melengkung-lengkung kemana-mana. Pada saat seseorang berpikir sesuatu, ibarat ia menyalurkan air di jaringan pipa itu.